April Mop


April Mop atau yang dikenal dalam bahasa inggris sebagai Happy Fool's Day yang diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari tersebut, orang dianggap boleh berbohong, bertindak jahil atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

 April mop ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap teman, tetangga dan siapa pun, dengan tujuan untuk mempermalukan mereka yang mudah di tipu.

April Mop, Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop".

Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja (Hoax April Mop).

Hari April Mop atau Fool's Day adalah salah satu hari yang menjadi tanda tanya sampai saat ini. Asal-usulnya tidak pasti. Beberapa melihatnya sebagai perayaan yang terkait dengan pergantian musim, sementara yang lain percaya itu berasal dari penerapan kalender baru.

  • Ada beberapa Sejarah ( yang mungkin menjadi ) asal mula kebiasaan Menipu (April mop) tersebut :

1. Istilah April Mop disinyalir sudah dikenal di Perancis pada abad 16, Sebelum ada penyempurnaan sistim penanggalan seperti yang kita kenal saat ini,tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun.

2. Ada Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

3. April Mop atau April Fools ini juga kerap diperingati oleh media massa dengan menerbitkan kisah luar biasa yang hanya mengada-ada saja. “Hoax April Mop”

4. Di Indonesia dikenal dengan istilah April Mop (Mop berasal dari bahasa Belanda yang artinya Kelakar/Canda/Lelucon).

5. Di Perancis disebut Poisson davril, artinya ikan April (mungkin maksudnya adalah ikan kecil yang gampang tertangkap atau tertipu).

6. Di Inggris April Mop lebih dikenal dengan istilah April noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu.

7. Di Skotlandia di peringati selama 2 hari yang dinamakan April gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

8. Para agamais di Eropa menilai asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta.

9. Bahkan ada yang menganggap April mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan Sebab itulah, para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Terlepas dari persoalan kebenaran teori di atas, april mop pada asal nya adalah suatu bentuk perbuatan yang merugikan orang lain, baik secara tidak sengaja, iseng, ataupun untuk lelucon belaka.

Berikut beberapa contoh yang dilakukan saat sedang merayakan April Mop atau April Fool's Day :

1. The Swiss Spaghetti Harvest
  beberapa orang sedang memetik Spagheti dari pohon, yang sebenarnya spagheti tersebut sudah di gantungkan terlebih dahulu pada pohon apel tersebut.

2. The Taco Liberty Bell
Tahun 1996, perusahaan tako terkemuka Amerika, The Taco Bell Corporation, mengumumkan kalau mereka sudah membeli Lonceng Liberty (Liberty Bell) dan memberi nama Taco Liberty Bel ( dan tentu saja itu hanya sebuah kebohongan saja )

3. Flying Penguins 
BBC memang doyan membuat lelucon April Mop buat para pemirsanya. Tahun 2008 kemarin, mereka mengumumkan kalau kameraman mereka yang lagi shooting di Antartika untuk serial TV Miracles of Evolution merekam beberapa penguin Adelie terbang ke langit.

4. UFO Lands in London

Pada tanggal 31 Maret 1989, beberapa ribu orang yang lagi mengendarai motornya di jalan tol diluar London lihat benda bercahaya yang memiliki bentuk seperti piring terbang diatas kota. Segera mereka berhenti dam melihat benda aneh itu melayang-layang di langit. Sesudah piring itu mendarat di pinggiran kota London, beberapa masyarakat segera nmenelpon polisi untuk memperingatkan mereka perihal ada invasi alien!

           Tiap negara memiliki berbagai macam bentuk lelucon pada tanggal 1 April untuk merayakan April Mop dan tentunya di Indonesia juga, dan dari berbagai survey tentang April Mop, rata2 pada saat April Mop banyak para Pemuda (Jomblo :v ) yang memanfaatkan April Mop untuk menyatakan cintanya ke orang yang dia suka dan walaupun nanti di tolak mereka bisa ngeles dengan alasan April Mop ! ( kreatif juga :v ) 



Menipu orang dengan alasan apa pun memang tidak baik karena dapat menyakiti hati orang yang di tipu , namun semua itu juga tergantung dari diri orang tersebut.

Sekian pembahasan tentang Artikel kali ini, Semoga Bermanfaat Buat Pembaca ^^
 Sumber : http://id.wikipedia.org
                Google
                Web dan Blog tetangga
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
4 Juli 2015 pukul 11.25 ×

wkwkkwk bisa di coba tuh gan :D
Tapi semua orang tau kah gan???

Balas
avatar
admin
4 Juli 2015 pukul 12.35 ×

Detail banget gan :D baru tau april mop sering digunakan di abad 16 ;D

Balas
avatar
admin
Pro
4 Juli 2015 pukul 16.52 ×

tau atau enggk harus tau :ng

Balas
avatar
admin
4 Juli 2015 pukul 17.23 ×

wah buat nembak pacar kalo di tolak alasannya april mop bisa kali ya

Balas
avatar
admin
4 Juli 2015 pukul 21.34 ×

udah jarang nemu yang rayain april mob sekarang

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment